LITERASI PRODUK HALAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMASARAN PADA UMKM DI DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.47652/jhm.v3i1.489Keywords:
Produk Halal, Pemasaran, UMKMAbstract
Jumlah produk lokal yang dihasilkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Deli Serdang yang beredar tanpa label halal mendorong penulis untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat terkait pemahaman tentang sertifikasi halal. Sebagian pelaku UMKM telah mengambil langkah untuk mendapatkan sertifikat halal bagi produk mereka. Hal ini berhasil meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian, yang berimbas pada pertumbuhan omset penjualan. Namun, jumlah pebisnis yang menjalani proses sertifikasi tersebut tidak sebanding dengan banyaknya produk dari UMKM yang beredar di pasaran tanpa memiliki sertifikasi halal. Tulisan ini menjelaskan kegiatan pendampingan literasi yang dilaksanakan oleh penulis dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang sertifikasi halal pada sejumlah UMKM di Kecamatan Percut sei tuan, Kabupaten Deli Serdang. Program pengabdian yang kami laksanakan melalui workshop literasi terdiri dari dua sesi. Sesi pertama menyajikan penjelasan teoritis mengenai definisi produk halal dan proses sertifikasi halal. Sedangkan sesi kedua membahas langkah-langkah dalam pengurusan sertifikasi produk halal serta memberikan contoh pelaku UMKM yang telah berhasil melaksanakannya. Dampak positif yang dihasilkan dari program pengabdian kepada masyarakat ini dirasakan oleh pelaku UMKM, yaitu mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya urusan sertifikasi halal serta pengaruhnya terhadap peningkatan volume penjualan. Di samping itu, pelaku UMKM juga mulai memahami langkah-langkah dalam proses pengurusan sertifikasi produk halal.
References
Alma, H. B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.
Amrin, (2022). ANALISIS LITERASI HALAL DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP ISLAMI DI PERGURUAN TINGGI ISLAM. Journal of Islamic Education, 6(1).
Barus, E. E., & Nuriani, N. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam (Darussalam Journal of Economic Perspec, 2(2), 125-146.
Budi, M. S., Ramadhani, S., & Barus, E. E. (2023). Indonesian Creative Economy 2025: Creative Industries MSMEs Competitiveness Strategy Towards International Markets Through SOAR Analysis. Journal of Indonesian Applied Economics, 11(1), 13-26.
Elfi Barus, E., Syahrial, M., Muchtar, E. H., & Trianto, B. (2024). Islamic financial literacy, islamic financial inclusion and micro-business performance. Revista mexicana de economía y finanzas, 19(1).
Farhan, A. (2018). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM)(Studi LPPOM MUI Provinsi Bengkulu), Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vo. 3 (1). DOI: Http://Dx.doi.org/10.29300/Mjppm. V3i1, 2340, g1949.
Harizon, Megiantoni. (2024). PENGARUH LITERASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMPEROLEH PENERBITAN SERTIFIKAT HALAL PADA UMKM. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup.
Ichsan, R. N., Syahbudi, M., & Nst, V. F. H. (2023). Development of Islamic Human Resource Management in The Digital Era For MSMEs and Cooperatives in Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 497-512.
Nurdin, ali. (2024). Pengembangan Indikator Literasi Halal: Dari Teori Ke Ruang Kelas Pembelajaran IPA. 7(1) 45-54.
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan keputusan konsumen terhadap produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79–87.
Rambe, M., Sugianto, S., & Syahbudi, M. (2023). Implementasi Metode Pottery Making Dan Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Produk Kreatif UMKM Tembikar Lestari Di Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(2), 978-986.
Salehudin, I., & Mukhlish, B. M. (2012). Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan Di Lapangan (Halal Marketing: Concept, Implication and Field Finding). Dulu Mendengar Sekarang Bicara: Kumpulan Tulisan Ekonom Muda FEUI, 293–305.
Saragih, D. S., Syahbudi, M., & Rahmani, N. A. B. (2024). Analysis of Community Perceptions on Halal Certification for Packaged Food Products. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 15(2).
Salwa, F., Syahbudi, M., & Nasution, M. L. I. (2023). The Soar Approach: A Strategy to Improve the Competition of Halal Culinary MSMEs Based on Digital Technology. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 11(2).
Syahbudi. (2023). Administrasi Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.
Syahbudi. (2023). Buku Pintar Undang- undang Desa (M. . Ismail (ed.)). Penerbit Merderka Kreasi.
Syahbudi, M., & Ma, S. E. I. (2021). Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix). Merdeka Kreasi Group.
Syahbudi, M. (2023) Ekonomi Kreatif : Sharia Marketing Practices With SOAR & QSPM Approach. Merdeka Kreasi Group
Syahbudi, M., & Barus, D. S. (2020). UMKM Dan Digital Entrepreneurship. Rajawali Pres.
Trianto, B., Barus, E. E., Sabiu, T. T., & Annisa, S. T. E. I. S. I. (2021). Relationship between Islamic financial literacy, Islamic financial inclusion and business performance: evidence from culinary cluster of creative economy. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), 19-38.
Utami, N., & Syahbudi, M. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus: UMKM Kota Binjai). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(4).
Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 47–59.
Nasution, L., Ichsan, R. N., Nst, V. F. H., & Rizkina, S. (2024). Pendampingan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Di Akademi Keperawatan Hkbp Balige. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(01), 113-117.
Nst, V. F. H., Nasution, M. Y., & Sugianto, S. (2024). Relationship ushul Fiqh, Qowa’id Fiqih dan Maqashid Al-Syariah With Islamic Economy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 1017-1023.