PERAN DAN TANTANGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIMALUNGUN DALAM KETERLIBATAN KORPORASI PADA KEBIJAKAN INOVASI NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.47652/metadata.v7i1.590Keywords:
Korporasi; Kebijakan Nasional; Pemerintah Daerah; Ekosistem Inovasi; Pembangunan DaerahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterlibatan korporasi dalam kebijakan inovasi nasional di Kabupaten Simalungun, dengan fokus pada peran dan tantangan yang dihadapi oleh kedua pihak dalam menjalankan kolaborasi untuk pengembangan inovasi berbasis potensi lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan pejabat pemerintah daerah, perwakilan korporasi, serta masyarakat sebagai sasaran kebijakan. Selain itu, observasi lapangan dan analisis dokumen kebijakan turut dilakukan untuk memperkaya temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korporasi, khususnya yang bergerak di sektor teknologi dan infrastruktur, memiliki peran penting dalam mendukung kebijakan inovasi nasional dengan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kapasitas dan peningkatan infrastruktur. Namun, terdapat tantangan utama terkait perbedaan kepentingan antara sektor publik dan privat, di mana korporasi cenderung lebih fokus pada keuntungan finansial sementara pemerintah daerah memprioritaskan dampak sosial dan pembangunan ekonomi jangka panjang. Selain itu, kurangnya regulasi yang jelas mengenai kolaborasi antara pemerintah dan korporasi menjadi hambatan dalam implementasi kebijakan inovasi yang optimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kerjasama antara pemerintah daerah dan sektor korporasi guna mendorong terciptanya ekosistem inovasi yang inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Simalungun.
References
Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007). Implicit theories of intelligence predict achievement across an adolescent transition: A longitudinal study and an intervention. Child Development, 78(1), 246-263.
Carnevale, A. P., & Smith, N. (2013). Workplace basics: The skills employees need and employers want. Human Resource Development International, 16(5), 491-501.
Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664-8668.
Edmondson, A. C. (2012). Teaming: How organisations learn, innovate, and compete in the knowledge economy. Jossey-Bass.
Hines, P., Holweg, M., & Rich, N. (2004). Learning to evolve: A review of contemporary lean thinking. International Journal of Operations & Production Management, 24(10), 994-1011.
Tidd, J., & Bessant, J. (2013). Managing innovation: Integrating technological, market, and organisational change. Chichester: Wiley.
Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2019). Dynamic capabilities: A review and research agenda. International Journal of Management Reviews, 21(1), 31-51.
Womack, J. P., & Jones, D. T. (1996). Lean Thinking: Banish Waste and Create Wealth in Your Corporation. Simon & Schuster.
Al-Hawari, M. A., et al. (2020). Adoption of digital technologies in higher education. International Journal of Educational Management, 34(5), 1057-1076.
Antony, J. (2014). Lean Six Sigma in higher education institutions. International Journal of Productivity and Performance Management, 63(3), 256-264.
Balzer, W. K., et al. (2016). Lean higher education. International Journal of Quality & Reliability Management, 33(8), 1289-1302.
Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007). Child Development, 78(1), 246-263.
Carnevale, A. P., & Smith, N. (2013). Human Resource Development International, 16(5), 491-501.
Claro, S., et al. (2016). Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664-8668.
Edmondson, A. C. (2012). Teaming: How organisations learn, innovate, and compete in the knowledge economy. Jossey-Bass.
Hines, P., et al. (2004). International Journal of Operations & Production Management, 24(10), 994-1011.
Liker, J. K. (2004). The Toyota Way: 14 Management Principles from the World's Greatest Manufacturer. McGraw-Hill.
Rahman, M., & Adnan, M. (2019). Digital transformation in higher education. Asian Journal of Management, 36(2), 123-135.
Shepherd, D. A., & Patzelt, H. (2011). Sustainable entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 35(1), 137-163.
Tidd, J., & Bessant, J. (2013). Managing innovation. Wiley.
Tushman, M. L., & O'Reilly, C. A. (1997). Winning through innovation. Harvard Business Review Press.
Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2019). International Journal of Management Reviews, 21(1), 31-51.
Womack, J. P., & Jones, D. T. (1996). Lean Thinking. Simon & Schuster.
Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organisation. Doubleday.
Zhou, J., & Shalley, C. E. (2003). Research on employee creativity. Research in Personnel and Human Resources Management, 22, 165-217.
West, M. A., & Farr, J. L. (1990). Innovation at work. Chichester: Wiley.
Paunesku, D., et al. (2015). Mindset interventions. Psychological Science, 26(6), 784-793.
Smith, W. K., & Lewis, M. W. (2011). Toward a theory of paradox. Academy of Management Review, 36(2), 381-403.
Blackwell, L. S., Trzesniewski, K. H., & Dweck, C. S. (2007). Implicit theories of intelligence predict achievement across an adolescent transition: A longitudinal study and an intervention. Child Development, 78(1), 246-263.
Carnevale, A. P., & Smith, N. (2013). Workplace basics: The skills employees need and employers want. Human Resource Development International, 16(5), 491-501.
Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth mindset tempers the effects of poverty on academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664-8668.
Edmondson, A. C. (2012). Teaming: How organisations learn, innovate, and compete in the knowledge economy. Jossey-Bass.
Tidd, J., & Bessant, J. (2013). Managing innovation: Integrating technological, market, and organisational change. Chichester: Wiley.
Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2019). Dynamic capabilities: A review and research agenda. International Journal of Management Reviews, 21(1), 31-51.